Rabu, 10 Juni 2015

Laporan kunjungan ke Kantor Harian SatelitPost Purwokerto.

Kamis 4 Juni 2015, Saya dan teman-teman mahasiswa Bahasa Inggris Fakultas Ilmu Budaya Universitas Negeri Jenderal Soedirman yang mengambil mata kuliah Jurnalisme, mengadakan kunjungan studi ke kantor harian Satelit Post. Kunjungan ini dalam rangka program kuliah kita yang dilaksanakan di luar kelas, sama halnya dengan 2 minggu lalu, saya dan teman-teman mahasiswa sudah diajak mengunjungi kantor Radar Banyumas yang berada di Sokaraja dengan maksud dan tujuan yang sama,yaitu dengan tujuan untuk mengenalkan mekanisme penerbitan koran yang dapat kita baca sehari-hari dan menginformasi cara kerja jurnalis-jurnalis media mulai dari Wartawan,Editor,dll.



Saya dan teman-teman mahasiswa disambut dengan ramah oleh Pak Hanan selaku editor dari Satelit Post, kemudian kami di kumpulkan di ruang rapat kantor harian Satelit Post. Kemudian Pak Hanan memulai kuliah pagi itu dengan mengenalkan diri kepada saya dan teman-teman,kemudian dilanjutkan dengan pembahasan. Pembahasan pertama pagi itu dimulai dari sejarah berdiri nya Satelit Post di Purwokerto. Satelit Post berada di jalan Dr.Angka no.79, Sebalah timur Hotel Horison Purwokerto dan sebalah barat Polsek Purwokerto Utara. Kantor harian Satelit Post Purwokerto berdiri sejak 9 Maret 2012. Kemudian pembahasan kedua mengenai redaksi, Redaksi merupakan jantung dari setiap kegiatan pers. Didalamnya kalian akan seringkali melakukan diskusi, Brainstorming (penggagahan ide secara bersama), debat dan presentasi. Kegiatan tersebut berusaha mengajarkan kerja tim, keterbukaan dan membentuk mental logis. Karena hal-hal tersebut sangat penting dalam kegiatan jurnalistik yang mungkin akan kita hadapi nanti. Pembahasan ketiga mengenai sirkulasi. Pak Hanan mengatakan “Satelit Post mengedarkan koran nya ke-4 kabupaten,yaitu Kabupaten Banyumas, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Cilacap, dan Kabupaten Banjarnegara”. Setiap koran pasti mendapatkan untung melalui iklan, selain berfungsi sebagai media informasi. Kolom iklan di koran Satelit Post lumayan banyak, kita dapat melihat di halaman pertama sampai akhir.

Interaksi Masyarakat, Satelit Post mempunyai Beritane Inyong. Beritane inyong adalah salah satu kolom interaksi masyarakat terhadap satelit post. Melalui kolom ini masyarakat dapat mengirim berita maupun informasi yang bersifat fakta dan benar adanya. Kolom Beritane Inyong ini juga diseleksi melalui editor agar tidak terjadi berita palsu. Kepada masyarakat yang ingin mengirim dan bertasipasi dalam kolom Beritane Inyong bisa mengirim emai ke Pewartawarga.satelitpost@gmail.com. Kedua, Satelit Post juga memiliki kolom Opini yang bersifat interaksi kepada masyarakat juga, jadi masyarakat dapat mengirim opini original mereka ke harian Satelit Post, Opini yang membahas mengenai berita yang baru saja terjadi atau yang sudah lama terjadi. Untuk masyarakat yang ingin mengirimkan opini mereka dapat mengirimkan email ke Opinipembaca_satelitpost@yahoo.co.id. Dalam meningkatkan interaksi terhadap masyarakat Satelit Post juga mempunyai Kolom SMS. Masyarakat sekitar Banyumas,Purbalingga,Cilacap,dan Banjarnegara dapat mengirimkan SMS yang berisi salam atau apapun yang ingin disampaikan kepada kerabat atau keluarga. Dalam kolom ini, biasanya editor juga memasang foto kita lengkap dengan SMS yang kita sampaikan. Menarik nya Satelit Post memberikan hadiah berupa pulsa 50rb kepada salah satu partisipan dalam kolom ini.

Tidak terasa waktu sudah hampir 60 menit dan tandanya saya dan teman-teman mahasiswa harus mengakhiri kunjungan studi ini, dan Kantor Harian Satelit Post sangat terbuka untuk setiap mahasiswa Bahasa Inggris UNSOED yang akan membuat Laporan/Tugas akhir mereka dengan menghubungi Pak Hanan atau juga bisa melaui e-mail di hanansatelit@gmail.com. Sampai saat ini Kantor Harian Satelit Post Purwokerto memiliki 11 Wartawan Aktif, mulai dari wartawan Kriminal, Olahraga,dll. 7 Redaktor , dan Redaktor foto.